Senin, 11 Mei 2009

Sosiologi

Sosiologi adalah ilmu tenteang masyarakat

A. Pengertian sosiologi

Sosiologi merupakan salah satu ilmu sosial yang memelajari hubungan antara masyarakat dan lingkungannya. Sosiolgi berperan memberikan wawasan tentang perilaku yang harus diperbuat bagi sseorang ataupun kelompok di dalam masyarakat.

Objek-objek kajian sosiologi meliputi:

  1. hakikat sosiologi sebagai ilmu yang mengkaji tentang hubungan sosial
  2. interaksi sosial
  3. proses sosialisasi
  4. struktur sosial (nilai, norma, sisitem kedudukan dan peran dari masing-nasing masyarakat dari lapisan bawah hingga lapisan atas
  5. keragaman kehidupan sosial budaya termasuk nilai-nilai sosial
  6. perubahan-perubahan sosial budaya.

B. Konsep-konsep dasar

Konsep-konsep yang tidak dapat ditinggalkan dalam sosiologi adalah konsep masyarkat dan budaya, termasuk sub-sub dari buday manusia yang sangat beraneka ragam. Konsep-konsep dasar sosiologi ialah:

1. individu, yaitu manusia secara perseorangan yang memiliki akal budi dan pikiran

2. keluarga, yaiut suatu satuan sosial terkecil yang beranggotakn ayah, ibu beserta anak-anaknya yang terikat melalui perkawinan atau adopsi.

3. masyarakat, yaiut himpunan orang-orang yang terikat oleh kerjasama dan cita-cita dalam suatu wilayah tertentu dengan berdasar pada suatu norma sosial tertentu. Masyareakat terdiri atas empat unsut pokok:

· individu

· kerjasama dan cita-cita yang sama

· wilayah

· sistem norma tertentu

4. interaksi sosial, yaitu hubungan atu pengaruh timbal balik antara individu dengan individu. Empat komponen pokok interaksi sosial:

5. proses sosialisasi, yaitu aktivits belajar oleh seorang individu untuk mengetahi secara seksama mengenai cara-cara berggaul di dalam masyarakat.

6. nilai dan norma sosial

7. perilaku menyimpang, yaitu perilaku yang tidak sesuai dengan norma-norma yang berlaku di masyarakat/berbeda dari perilaku masyarakat pada umumnya.

8. pengendalian sosial (social control), yaitu upaya untuk menceegah atau kenghilangkan perilaku-perilaku yamg menyimpang dalam masyarakat.

9. perubahan sosial (social change), menurut Selo Soemardjan perubahan sosial pada dasarnyh amerupakan perubahan situasidalam masyarakat yang menyangkut lembaga-lembaga sosial serta sistem aktivitas maupun benda-benda konkritsebagai hasil perbuatn manusia. Empat faktor penyebab perubahan sosial:

10.

C. Metode-metode dalam studi sosiologi

D. Konsep-konsep tentang realitas sosial budaya

E. Hubungan antar konsep tenteang realiats sosial budaya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar